Jumat, 29 Januari 2010

Smart Shopping Tips Untuk Shopaholic

Shopping merupakan momen yang menyenangkan dan bisa menjadi ajang untuk refreshing setelah disibukkan oleh aktivitas keseharian kita. Namun shopping secara berlebihan yang didorong oleh emosional sesaat, justru malah bisa membuat cash flow terganggu. Oleh karena itu ada baiknya anda membaca smart shopping tips berikut agar tidak dibuat pusing nantinya karena membayar tagihan kartu kredit yang besar.

Manfaatkan program sale, karena hampir semua brand produk di pusat perbelanjaan mengadakan program sale secara rutin untuk menghabiskan stock dan menggantinya dengan produk baru. Biasanya sale diadakan di akhir tahun, pertengahan tahun, atau pertengahan semester. Cobalah selalu update dengan berita dari media koran, radio, internet, dan lainnya agar menerima informasi tercepat kapan acara sale akan berlangsung. Namun bila anda mengincar produk terbaru dengan harga khusus, biasanya brand atau butik akan memberikan harga spesial saat store events atau fashion show koleksi terbaru mereka.

Anda juga bisa membeli barang-barang bermerek dengan harga miring di outlet atau warehouse yang biasanya hanya dibuka untuk sementara waktu, seperti di gedung perkantoran, mall, hotel atau pusat perbelanjaan. Selain itu butik second hand juga bisa menjadi alternatif mendapatkan barang branded dengan harga miring.

Manfaatkan program promosi kartu kredit atau kartu membership. Kenyataannya, setiap bulan kartu kredit selalu menawarkan diskon khusus untuk merchant produk tertentu. Disamping itu hampir semua department store menawarkan membership atau VIP card dengan berbagai fasilitas seperti potongan harga, point reward, dan pemberitahuan khusus kapan acara sale akan berlangsung. Mengajukan kartu membership di tempat dimana anda sering berbelanja, akan menghemat uang anda nantinya.

Jangan berbelanja hanya karena dorongan emosional sesaat. Bisa saja kita kalap hanya karena diskon gede-gedean hingga 80%, sehingga tanpa pertimbangan langsung membelinya. Daripada menyesal di akhir, lebih baik mempertimbangkan hanya membeli produk yang benar-benar akan terpakai. Lagian akan lebih bermanfaat membeli dengan harga penuh tetapi anda dapat memakainya dengan maksimal.

Lalu pastikan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum anda membeli. Belum tentu produk fashion yang terlihat indah saat dipajang, akan terlihat cocok dengan postur tubuh kita. Begitu pula dengan produk idaman lainnya. Jika anda tidak bisa mencobanya, pastikan apakah ada return policy untuk produk tersebut.

Kalau ingin lebih menghemat lagi, sebelum pergi berbelanja sebaiknya isi dulu perut anda sampai kenyang, agar tidak tergoda dengan berbagai makanan yang menggoda mata dan penciuman anda. :-)

Yang terakhir berhati-hatilah saat menggunakan program cicilan kartu kredit. Jangan sampai aktivitas yang seharusnya menyenangkan malah jadi menggangu anggaran belanja bulanan anda. Be A Smart Shopper Not An Emotional Shopper. :-)

0 Comments:

Post a Comment